You are here: Home

WALIKOTA LHOKSEUMAWE BUKA PEMILIHAN IMUM TELADAN

Published in berita
Written by  07 April 2017
Rate this item
(0 votes)

 

Lhokseumawe ~ Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya membuka acara Pemilihan Imum Masjid dan Imum Gampong Teladan dalam wilayah Kota Lhokseumawe Tahun 2017. Pembukaan berlangsung di Aula Gedung Hasbi As-Siddiqi, Rabu (5/4).

Imam menurut bahasa dan istilah adalah pemimpin atau pemuka. Dalam hal ini, dimaksudkan pemimpin atau pemuka dalam berbagai aspek kehidupan umat. Sehingga peran imam sangat penting dan strategis di tengah-tengah masyarakat.

“Imam menurut pengertian bahasa adalah seorang pemimpin, dalam hal ini berarti pemimpin dalam segala aspek kehidupan. Untuk itu, seorang imam harus dapat menjadi panutan dan teladan bagi umat, karenanya posisi imam di tengah masyarakat sangat penting dan strategis”, ujar Walikota Suaidi.

“Diantara peran imam adalah sebagai pemersatu umat, imam harus dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan umat. Artinya, seorang imam harus bersikap netral dalam menyikapi pertentangan atau perbedaan. Dengan cara persuasif, mengajak jamaah kepada kebenaran, karena hakikat da’wah adalah mengajak”, sambungnya.

“Yang juga penting adalah membentengi aqidah umat. Derasnya arus informasi dan budaya serta pemahaman sesat dan radikal dapat merusak aqidah umat. Untuk itu, diperlukan aqidah yang kuat. Disinilah peran imam dalam membina secara intensif aqidah umat sangat diperlukan. Oleh karenanya, saya berpesan agar para imam senantiasa aktif menjaga umat dari hal-hal yang dapat merusak aqidah”, demikian pungkas Tgk. Suaidi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe, T. Mansur, S.Ag, M.Si melaporkan kepada Walikota Lhokseumawe bahwa imam yang akan dipilih untuk berangkat umrah pada tahun 2017 sebanyak 50 orang yang terdiri dari 23 Imum Masjid dan 27 Imum Gampong serta pendamping 5 orang. Dewan Hakim yang akan menjadi penilai sebanyak 12 orang yang berasal dari unsur MPU, LPTQ dan IPQAH Kota Lhokseumawe. Selanjutnya, dari kalangan Akademisi dan Imum Masjid.

Social Icons

Map

Kantor Walikota Lhokseumawe

Jl. Merdeka I No. 02

Kota Lhokseumawe

Telp : (0645) 48447
Fax  : (0645) 48447

email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.